Home / Berita Lensa / PENTINGNYA JERSEY UNTUK KLUB DAN SUPORTER
taken by GTS

PENTINGNYA JERSEY UNTUK KLUB DAN SUPORTER

“Apa Manfaat Jersey Bagi Club Dan Suporter ??”

Jika kita melihat jersey dalam sebuah pertandingan, maka keberadaan jersey fungsinya adalah sebagai identitas klub. Dalam pertandingan sepakbola maka akan ada dua klub yang akan bertanding, untuk membedakan pemain sepakbola di kedua klub ini maka dibutuhkan jersey yang berbeda (terutama dalam hal warna). Namun jika kita melihat keberadaan jersey dalam sebuah klub, maka jersey sebagai salah satu sumber pendapatan finansial klub. Jersey merupakan salah satu merchandise klub dan masuk dalam kategori pendapatan komersial.

Secara umum, pendapatan klub sepakbola berasal dari 3 sumber utama, yaitu:

1.Matchday: pemasukan tiket

2.Broadcascting: pendapatan hak siar TV

3.Commercial: sponsorship dan merchandise

Bagaimana sebuah jersey bisa begitu penting bagi sebuah klub dalam kaitannya dengan finansial?

Jika sebuah klub memiliki pemain bintang, maka jersey yang dikenakan oleh pemain tersebut akan menjadi incaran/buruan suporter, dan ini akan menjadi keuntungan besar bagi klub yang memiliki pemain tersebut. Sebagai contoh, Maaf , Persib Bandung yang harus menguras kas-nya sebesar 11 Milyar  rupiah untuk mendatangkan Michael essien , dan ternyata dalam 1 hari  naik 12 kali lipat  ,  Ini berarti modal pembelian  tadi bila di kalkulasikan dalam semusim cukup  sudah tertutupi dengan hanya penjualan jersey-nya.

Bagaimana seorang suporter sepakbola dalam memaknai jersey?

Arti suporter dalam kamus adalah orang yang mendukung sebuah tim, seseorang, politik, dan lainnya. Itu artinya suporter adalah orang yang mencintai suatu tim atau orang/pemain yang diidolakannya, dan akan melakukan apapun untuk mendukung tim atau orang yang diidolakannya itu. Oleh karena itu, jangan heran mengapa mereka sering disebut pemain ke-12 sebuah tim. Jika Anda adalah seorang suporter sepakbola yang fanatik, maka anda membutuhkan identitas dari sebuah kefanatikan tersebut, kepemilikan akan jersey dan Syal akan menjadi perlengkapan standar di sini. Jersey akan kita jadikan identitas kita sebagai pendukung sebuah klub atau negara dalam hal sepakbola, syal biasanya digunakan oleh suporter yang biasanya menonton sepakbola secara langsung di stadion.

Untuk tambahan biasanya seorang suporter akan bergabung dalam komunitas-komunitas penggemar sepakbola, dan ini kembali ditandai dengan kepemilikan KTA (Kartu Tanda Anggota) dan pernak-pernik lainnya. Semakin banyak suporter fanatik, maka ini akan semakin menguntungkan klub yang digemari tadi, apalagi jika klub itu dijalankan secara profesional. Sebagai contoh,Liverpool Setidaknya mendapat 25 juta Ponsterling.adalah salah satu kunci club unutk mencapai sukses.

Kembali mengenai suporter. Bagi mereka, elemen nyata sebagai sebuah pembeda dan identitas adalah jersey. Selain dipakai oleh pemain di lapangan jersey juga merupakan kebanggaan bagi penggemar klub itu. Jersey sudah seperti panji-panji yang harus dihormati dan dipertahankan sampai titik darah penghabisan. Itulah mengapa para suporter fanatik sepakbola begitu mengagungkan sebuah jersey.

Jersey bisa jadi sebuah alat untuk mengingat sejarah, pahit ataupun menyenangkan, dan jersey dapat dikoleksi oleh tukang becak hingga presiden sekalipun. Warna khas sebuah klub sepakbola diyakini sebagai petunjuk seperti halnya kitab suci. Dia sebagai pedoman dan pembimbing bagi berbagai macam perbedaan untuk bersatu membela sebuah klub. Orang berani beradu mulut hingga fisik dengan rivalnya hanya karena melecehkan warna dasar dari klub mereka.

Jersey sebagai merchandise akhirnya akan berujung pada sebuah bisnis, sebagai contoh yang tidak jauh dapat kita lihat di klub Persib Bandung , dengan memanfaatkan nama besar  Michele Essien  (34 tahun) yang dianggap memiliki banyak penggemar di tanah air dan merupakan salah satu  pemain kelas dunia . Klub ini ( Persib ) berhasil menjual 60 potong  kostum pemain pemain itu dalam waktu sehari ,  Lantas berapa harga kostum Essien itu? Setidaknya ada tiga harga untuk bisa mendapatkan kostum bernomor punggung lima itu. Pembeli yang memiliki member Persib bisa membeli kostum Essien dengan harga Rp 225 ribu. Sedangkan pembeli yang tidak memiliki member Persib, harus merogoh kocek sebesar Rp 299 ribu. “Jika menjadi member baru Persib sekaligus beli kostum, pembeli hanya perlu merogoh kocek Rp 250 ribu,beberapa waktu setelah pemain tersebut resmi diperkenalkan.

Sebagai suporter mengenakan atribut sebuah klub sepakbola kesayangan merupakan hal yang wajib. Hal ini adalah sebuah identitas atau perwujudan kebanggaan terhadap klub yang di dukung. Seperti halnya Persibat  Batang , termasuk dalam 10 teratas di Jawa tengah , tentunya memiliki basis suporter fanatik yang sangat besar dan salah satu fanatisme itu diwujudkan dengan Jersey/uniform laskar suporter yang beragam. Seiring perkembangan jaman, persepakbolaan Indonesia dituntut untuk menjadi klub profesional yang nantinya ‘mandiri’ dan tidak tergantung pada APBD. Memang banyak cara untuk menyokong semua itu, salah satunya adalah gerakan ini; “Gerakan Suporter Berjersey “Ori” (original/asli) untuk Persibat Batang “. Sebuah gerakan yang nantinya diharapkan sebagai pembangkit semangat untuk membeli/memiliki/mengenakan jersey ‘ori’ untuk mendukung Laskar Banteng Alas Roban SEPENUHNYA. Seperti halnya dilakukan oleh klub-klub profesional kelas dunia, pengadaan jersey ‘ori’ adalah aset vital dalam manajemen sebuah klub; bahkan hak ciptanya dilindungi. Dikarenakan omset dari penjualan jersey dapat mendukung keuangan klub. Untuk itu, seiring pendewasaan kita sebagai suporter Persibat Batang  yang sudah dikenal militansi dan fanatismenya di penjuru Indonesia, marilah selain kita mendukung secara moril dilapangan, kita juga memberikan dukungan secara finansial; tak lain adalah dengan membeli/memiliki/mengenakan jersey ‘ori’ untuk Persibat Batang . Tentunya Jersey yang dikeluarkan oleh pihak Manajemen PT Persibat Batang Indonesia.

(Persibat.com/media)

About admin

Check Also

BERTANDANG KE SLEMAN PERSIBAT TARGETKAN RAIH POINT UNTUK AMANKAN POSISI  

  BATANG- Persibat Batang kembli akan menjalani lanjutan kompetisi Liga 2 indonesia Groub 3. Pertandingan kali …

4 comments

  1. saya sangat setuju, untuk jersey memang harus original, selain menjadi pemasukan untuk klub, juga seporter akan terlihat lebih seragam ketika di tribun.
    ayo PERSIBAT percepat pembuatan jersey, dan act dari plan tersebut.

  2. apalagi kalau jersey tersebut disebar ke outlet resmi (basecamp suporter) yang mungkin ada di seluruh penjuru batang “mempermudah suporter/pecinta sepakbola untuk membelinya”

  3. Semoga gag ada yang bajak jersey nya dan budayakan beli yang original karena akan membantu PERSIBAT
    Dan semoga ada PERSIBAT STORE ??

  4. Semoga dalam liga 2 nanti, warga batang diluar kota juga bisa mendapatkan jersey ori yg dikeluarkan oleh pt. Persibat Melalui online store resmi. Selama ini terkesan persibat blm serius dlm penanganan penjualan merchandise klub

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *